Wednesday, December 16, 2015

'Roma Harus Kembali Jadi Mesin Gol'

Roma - AS Roma sempat tampil amat tajam di awal musim, sebelum kemudian melempem belakangan ini. Radja Nainggolan berharap timnya bisa kembali tajam, demi kembali ke trek yang benar.

Roma sebenarnya mengawali musim dengan baik. Lima pertandingan pertama dilewati tanpa kekalahan, memetik dua kemenangan dan tiga kali imbang. Dalam periode itu mereka mengalahkan Juventus dan mengimbangi Barcelona.

Mereka juga tercatat tak pernah kesulitan bikin gol, setidaknya sampai pertandingan ke-16. Dalam 16 laga itu, Giallorossi mencetak 37 gol dan kebobolan 23. Selama rentang waktu itu, Roma memetik sembilan kemenangan sementara menelan tiga kekalahan.

Tapi laju mereka tersendat sejak laga ke-17 atau persisnya di enam laga terakhir. Mereka belum pernah lagi menang, memetik empat hasil imbang dan dua kekalahan. Dalam periode itu, mereka tampak kesulitan mencetak gol yakni hanya empat gol dan kebobolan 11 kali.

Jadilah Roma mulai tercecer dalam persaingan memburu Scudetto, dengan kini menempati posisi lima klasemen berbekal nilai 29 dari 16 pekan. Mereka tertinggal tujuh angka dari Inter Milan di posisi teratas. Sedang di Liga Champions, meski lolos ke fase gugur, namun mereka mencapainya dengan torehan hanya enam poin dan kemasukan 16 kali.

Laju tak memuaskan ini membuat Radja Nainggolan khawatir. Demi memperbaiki laju, gelandang Roma itu berharap timnya bisa kembali tajam.

"Kami sebelumnya merupakan mesin gol. Kami harus kembali mencetak gol-gol lagi,' ujarnya dikutip Football Italia.

Performa Roma memang perlu segera diperbaiki, apalagi mereka bakal berhadapan dengan Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions. Setelah sebelumnya dihantam 1-6 oleh Barca, anak asuh Rudi Garcia jelas tak mau kembali menelan hasil pahit.

"Melawan Real Madrid, kami harus lebih baik daripada yang telah kami lakukan selama ini, terutama saat melawan Barcelona karena kami kalah dengan skor besar," kata Nainggolan.

"Kami harus menunjukkan hal-hal bagus yang sama, yang kami lakukan di awal musim," tambah pemain berdarah Batak itu.

Pada laga terakhirnya melawan Napoli akhir pekan kemarin, Roma cuma bermain imbang 0-0. Meski tak meraih kemenangan, performa I Lupi dinilai cukup baik karena bisa membendung serangan Partenopi.

"Inter, Fiorentina, dan Juventus kalah dari mereka," sahut Nainggolan singkat.


*Rifqi Ardita Widianto - detikSport